Pengembangan dan pengujian kemasan

Pengembangan kemasan

Kemasan adalah wujud dari brand proposition Anda. Tanpa kemasan, tidak akan ada pembeda produk Anda. Kebanyakan kemasan terus berevolusi untuk tetap kontemporer selagi mempertahankan aset brand yang mudah diidentifikasi. Pengembangan kemasan secara kualitas sering menjadi integral bagi pengembangan konsep, atau jika diperlakukan secara terpisah dan mengikuti pendekatan yang mirip.

Uji kemasan

Uji kemasan kuantitatif yang sederhana biasanya membandingkan desain baru dengan desain sekarang untuk menentukan preferensi. Biasanya diuji secara rotasi, satu per satu (desain monadik berurutan / sequential monadic design) sebelum dibandingkan berdampingan.


Uji kemasan kuantitatif yang sederhana mengeksplorasi:

  • Asosiasi kemasan.
  • Pesan kemasan.
  • Estetika dan utilitas kemasan.
  • Preferensi kemasan di antara pilihan, dan dibandingkan kompetitor.
  • Pengenalan Brand.
  • Area yang bisa ditingkatkan.

Layanan pengujian kemasan kami tersedia sebagai solusi RapidSurvey secara self-service, atau kami dapat mendukung Anda dengan layanan yang telah disesuaikan.

Uji kemasan dengan eye-tracking

Eye-tracking sering digunakan sebagai tambahan dari pertanyaan survei untuk membantu kami menentukan dampak dari kemasan terhadap pembeli di dalam toko dan di atas rak. Terkadang, kami menggunakan lingkungan toko tiruan, tetapi susunan tersebut dapat menjadi mahal bagi banyak klien. Teknologi eye-tracking sering menjadi solusi virtual yang dapat dilakukan dengan grup target secara daring.


Pengujian kemasan dengan eye-tracking adalah opsi yang tersedia sebagai solusi RapidSurvey secara self-service, atau kami dapat mendukung Anda dengan layanan yang telah disesuaikan.


Biasanya, beberapa kemasan termasuk kompetitor akan ditunjukkan dalam rak virtual sehingga Cimigo dapat mempelajari bagaimana pembeli mengamati lingkungan belanja mereka dan apa yang menarik perhatian mereka. Kemampuan untuk mengukur persisnya apa yang sedang dilihat, untuk berapa lama, dan dalam urutan apa memampukan kami untuk membantu Anda memutuskan opsi kemasan yang mana untuk diteruskan dan bagaimana cara terbaik untuk mengoptimalkannya.

Eye-tracking membantu Cimigo untuk menemukan:

Peta panas (heatmaps) menunjukkan produk mana yang paling dilihat — produk yang “panas” adalah lebih superior dibanding yang tidak panas.

Matriks kuantitatif membantu Cimigo mengidentifikasi kemasan mana yang menarik pandangan pertama dan panjangnya pandangan tersebut untuk menentukan mana yang menarik perhatian dan mempertahankan perhatian tersebut.

Dengan eye-tracking Cimigo dapat mengidentifikasikan apa yang dalam rentang dilihat dan dalam konsentrasi apa. Menggunakan “fiksasi” (yaitu: saat konsumen sedang fokus), Cimigo mempunyai matriks yang jelas terhadap kecepatan dimana produk tersebut ditemukan; seberapa difokuskannya; dan apakah responden kembali untuk melihat produk tersebut lagi. Semua matriks ini berarti kami dapat mengidentifikasikan efektivitas dari produk yang terlihat, dan tentunya kemampuan produk tersebut dalam menarik perhatian konsumen.


Dalam contoh bir Clear Asahi ini, pandangan bergerak dari tengah ke bagian atas, mengindikasikan pengamatan terhadap logo brand dan motif busa bir di tengah, yang mencakup pesan brand. Fiksasi menunjukkan bahwa waktu terbanyak dihabiskan kepada nama brewer yang berada di atas varian brand.

Pada tingkat kemasan individu, Cimigo juga dapat menentukan pesan utama, hirarki, dan fiksasi. Sehingga kami dapat menentukan dalam urutan apa dan seberapa lama responden menghabiskan waktu (dan melihat) elemen komunikasi utama, atau apakah mereka bingung, atau bahkan jika mereka menghabiskan waktu di elemen yang tidak membantu dalam meningkatkan pengertian terhadap brand dan fitur-fiturnya. Perbandingan antara desain kemasan memampukan kami untuk membantu Anda memutuskan dan memastikan kemasan Anda tidak tertinggal di dalam rak.